awal

Sabtu, 19 Juni 2010

Tips Keluar Dari Zona Nyaman


Apa sih zona nyaman/ comfort zone? Dari artikel-artikel yang saya baca dan kuliah yang pernah saya dapatkan sih begini inti definisinya: Keadaan/suasana yang kita alami secara terus menerus dan biasanya sudah membuat kita nyaman dengan keadaan tersebut. Misalnya saja saat kita berangkat kuliah/kerja kita sudah terbiasa melewati satu jalan yang menurut kita sudah aman,cepat maka saat kita tidak melalui jalan tersebut maka kita akan merasa tidak aman dan was-was. Demikian juga saat kita terbiasa melakukan pekerjaan yang sama tiap hari dimana jadwal terencana dan gaji yang tetap ataupun pola hidup yang selalu sama dengan pergaulan yang sama serta kegiatan Online yang cuma visit situs atau SN(Social Networking) yang itu-itu saja. Nah itu yang disebut Zona nyaman kita.
Trus ngapain keluar dari zona nyaman? Zona nyaman ini akhirnya menyebabkan kematian pencarian konsep-konsep baru (inovasi) atau seseorang tidak memiliki tantangan-tantangan yang berarti di dalam hidupnya. Pernah bosen ga dengan rutinitas? nah Tips keluar dari zona nyaman ini saya dapatkan dari beberapa artikel yang saya baca. Singkatnya sih begini:
1. Niat atau motivasi yang kuat untuk berubah.
Bukan wajahnya yang berubah namun mindset dan pola hidupnya. Jangan takut untuk merencanakan rencana melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Kata orang bijak( saya lupa namanya,he-he) Langkah pertama adalah langkah paling sulit, namun setelah itu semakin mudah
2.Mencoba Sesuatu Yang Baru.
Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar di seminar motivasi atau acara-acara yang mengangkat tema mengenai zona nyaman. Namun apakah Anda sudah melakukannya?.
Mungkin anda bisa mengambil jalan alternatif kekantor ataupun mencoba berbicara topik baru dengan teman/pacar.. Di dunia maya banyak sekali situs-situs menarik yang sering kita tidak sadari. SN juga tidak hanya Facebook,Friendster namun banyak lagi. Bisa juga melalukan perjalanan singkat ke tempat yang lumayan jauh dari tempat tinggal anda
Saya ingat waktu pertama kali harus sekolah di SMU yang berada di pusat kota(saya tinggal di pinggiran kota).Nah waktu itu adalah pertama kalinya saya keluar dari zona nyaman saya. Saya harus naik bis, menunggu di terminal dan ,jalan kaki untuk pulang pergi ke sekolah. Satu hal yang tidak pernah saya lakukan waktu itu. Mungkin anda pernah mengalaminya atau malah lebih(perantauan atau kuliah diluar negeri).
3. Menantang Diri Anda sendiri.
Setelah langkah pertama telah Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah tantang diri Anda untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya Anda selalu berpikir : saya tidak bisa! Tentu saja harus dipikirkan, diperiksa dan antisipasi terlebih dahulu risiko yang akan Anda hadapi.
4. Tukar Kenyamanan.
Untuk Anda yang mungkin memiliki banyak uang untuk liburan yang mewah. Coba memilih penginapan sederhana,Anda akan bertemu teman-teman baru dari lingkungan sosial yang berbeda, mungkin mereka pengusaha kecil,ataupun pemilik toko yang pasti akan mempunyai benefit untuk kita suatu hari nanti. Pasti Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran hidup baru yang tak pernah Anda dapatkan selama ini.Coba cari referensi perjalanan liburan yang murah-meriah di toko buku. Seperti Perjalanan ke thailand dengan 500ribu rupiah dan lain-lain.
6. Mengalahkan Rasa Takut Berlebihan.
Anda punya daftar ketakutan Anda? Saya punya namun rahasia,kwkwkw. Mungkin anda takut mencoba hal-hal baru, mencoba bisnis baru, mencoba model rambut baru ataupun topik pembicaraan yang beda. Cari tahu alasan mengapa Anda merasa takut berikut cara menghadapinya. Paksa diri Anda untuk menghadapinya. Kadang pemaksaan memang cara yang paling jitu asal ga berlebihan.

Oke selamat mencoba, atau malah anda sudah mulai mencoba ?

gambar dari:http://www.motivasi-komunikasi-leadership.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar