awal

Jumat, 22 Oktober 2010

Internet sehat bikin hebat

Ahkir-ahkir ini banyak kasus penculikan dengan penghubung jejaring sosial.Akibatnya Internet khususnya jejaring social tersebut mendapat tudingan sebagai penyebab kasus-kasus tersebut.
Karena memang, Internetseperti pisau bermata dua yang bisa digunakan untuk untuk hal positif, namun bisa digunakan untuk hal-hal negatif yang akan dapat merugikan dirinya sendiri, ataupun orang lain, baik secara moril maupun materiil.
Jadi dibuatlah suatu program yang disepati banyak LSM dan praktisi IT yaitu Program Internet Sehat. Tujuannya mengingatkan masyarakat agar menggunakan Internetuntuk aktivitas positif baik menampilkan blog ataupun memberikan komentar dan aktifitas yang lain secara lebih bijak.
Sekarang ini banyak sekali kasus yang menyangkut pautakan dan mengkambing hitamkan(idiihh emang sate) Internet khususnya jejaring sosial.Sebut saja kasus penculikan yang awalnya dimulai dari perkenalan di Facebook.Padahal sebenarnya tidaklah benar sepenuhnya karena semuanya itu tergantung dari pengguna jejaring sosial sendiri.Seperti pisau yang mempunyai guna positif namun juga bisa negatif bila salah penggunannya.

UU ITE yang mengatur tentang informasi dan transaksi elektornik belum bisa mengatur tentang konten – konten negatif itu. Didunia Internetsemua orang bisa berekspresi sebebas – bebasnya namun sebaiknya ekspresi itu mematuhi norma yang berlaku di masyarakat.

Internet lebih bisa dipergunakan untuk hal-hal yang sangat sangat sangat positif, mata pencaharian. Contohnya sebagai: web maker, bisnis online, jual – beli barang dengan menggunakan Blog ataupun jejaring sosial. Sebenarnya banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan tujuan positif dan semuanya itu kembali ke pengguna Blog, jejaring sosial masing-masing. Salah satunya dengan mengikuti Festival blog 2010 yang memangangkan banyak hadiah.
Untuk kita-kita sebagai pengguna sebenarnya bisa memulainya dari kita sendiri kemudian kelingkungan sekitar kita.Apalagi bila kita mempunyai anggota keluarga yang masih dibawah umur. Berikut tips-tips yang bisa digunakan:
1.Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita.
2.Mintalah kepada anak di bawah umur untuk tak membuka situs atau Blogyang tidak pantas.
3. Hanya membuka situs atau Blog khusus anak-anak sebagai situs atau Blogyang wajib dibuka.
4. Tegaskan kepada anak maupun remaja di rumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung atau memberikan data pribadi dengan seseorang yang baru mereka kenal di Internet. Data diri bisa berupa foto,no handphone ataupun alamat rumah.
5.Menggunakan software dan alat bantu yang bisa membantu kita mengawasi aktifitas online anak-anak tanpa harus selalu berada disampingnya.Beberapa software dan alat bantu: datacard, software parental, anti-spyware,antivirus dan firewall

1 komentar:

  1. :D yup benar sekali tuh...nice posting :). Baca juga http://exlanet.blogspot.com/2010/10/internet-sehat-bikin-hebat.html , terima kasih. Salam blogger :)

    BalasHapus