awal

Kamis, 15 Juli 2010

sakit punggung

Sakit punggung pasti sangat tak nyaman rasanya. Mau bergerak, jalan ataupun beraktivitas apapun jadi terganggu karenanya. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah sakit punggung menyerang? Berikut tipsnya..

1. Perbaiki tubuh Anda. Usahakan agar dalam berbagai posisi, tubuh Anda tegap dengan meluruskan tulang belakang Anda dan perut masuk ke dalam. Bila sedang duduk, jaga agar posisi lutut sedikit di atas pangkal paha.

2. Pastikan Anda mengangkat barang dengan benar. Caranya, saat mengangkat barang dari lantai, tekuklah lutut Anda dan bukan pinggang! Mintalah bantuan bila barang yang hendak diangkat cukup berat. Jangan memaksakan diri.

3. Jangan terlalu banyak instirahat! Saat punggung terasa sakit, pastikan Anda tetap bergerak meskipun hanya untuk beberapa menit atau jam saja.

4. Konsultasikan ke ahli pengobatan tulang punggung (chiropractor). Jika rasa sakit bertambah kronis dan membuat masalah pada punggung Anda, perawatan dari ahli tulang punggung mungkin dapat menolong. Namun jika rasa sakitnya menjalar hingga kaki, segera pergi ke dokter.

5. Lakukan yoga. Berlatih yoga atau pilates dapat mengendurkan tekanan pada otot punggung Anda dan memperkuat sistem penunjang punggung Anda.


ref:astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar